Garmin Mobile XT

Garmin Mobile XT adalah salah satu perangkat lunak navigasi GPS untuk smartphone, yang dirancang untuk Palm, Symbian S60 (2nd & 3rd Edition) dan Windows Mobile. Pada Handphone Symbian S60 3rd Edition yang sudah support GPS, Garmin Mobile XT merupakan alternatif selain Nokia Maps. Dengan Aplikasi ini, handphone kita bisa connect langsung ke GPS, tanpa perlu terhubung ke internet, sehingga sangat membantu kita saat melakukan perjalanan. Dengan bantuan peta yang telah tersimpan didalamnya, Garmin Mobile XT akan mengarahkan kita kelokasi koordinat yang telah kita tentukan sebelumnya.

Tidak semua lokasi disimpan dalam peta, akan tetapi pada Garmin Mobile XT terdapat fasilitas untuk menandai lokasi baru, salah satu caranya adalah menggunakan favorites. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pada View Map, gerakkan cursor sehingga map berada pada browse mode.
  • Simpanlah dengan menggunakan perintah save yang tersedia. Setiap lokasi baru yang ditandai akan disimpan dalam favorite, dengan nama yang diberikan secara otomatis misalkan My Location, My Location 01, My Location 02 dst.
  • Untuk mengubah Nama, Lokasi dan Simbol:
    • Pilih menu Tools – Manage My Data – My Locations
    • Pilih Lokasi yang akan diedit, setelah memilih Ok, kita bisa merubah nama lokasi, merubah titik korrdinat, dan merubah simbol atau icon, atau bisa juga menghapus lokasi yang bersangkutan.
  • Setelah My Locations tersimpan, pada Garmin Mobile PC, Favorites secara otomatis akan tersimpan kedalam file current.gpx. Sedangkan pada Garmin Mobile XT akan tersimpan kedalam file GARMIN_WPT.NVM. Agar data lokasi dalam file ini bisa dimanfaatkan oleh perangkat lainnya (bukan hanya perangkat bersangkutan) maka file GARMIN_WPT.NVM harus diexport terlebih dahulu kedalam current.gpx. Berikut ini adalah langkah membuat file gpx pada Garmin Mobile XT:
    • Pilih menu Tools – Manage My Data
    • Pilih tombol Manage
    • Pilih Export GPX
    • Buka File Manager
      Lokasi current gpx ada pada E:\Garmin\GPX\,
      E: adalah direktorti kartu memory,
      file ini dapat kita transfer ke komputer.
    • Membuka file current.gpx pada Garmin Mobile PC melalui MapSource:1. Buka MapSource2. Pilih File – Open…3. Ganti Type menjadi gpx (GPS exchange format)4. Pilih file current.gpxLokasi pada Garmin Mobile PC- Windows XP: C:\Documents and Settings\\Application Data\GARMIN\GarminMobilePC\gpx\current.gpx- Windows Vista: C:\Users\{username}\AppData\Roaming\GARMIN\GarminMobilePC\gpx\current.gpx5. Pilih Open, pada tab dapat terlihat data waypoints, Routes dan Tracks yang tersimpan oleh Garmin Mobile PC, anda bisa melakukan copy paste masing-masing data, serta dapat menyimpan menjadi format lain.Hanya ada 1 file yang dapat dibuka oleh MapSource, sehingga apabila anda ingin mengcopy file current.gpx ke file lain (misalkan kita sebut datasaya.gpx), maka langkah copy paste-nya adalah sbb:1. Buka file current.gpx2. Copy data yang ingin diambil3. Buka file datasaya.gpx (file current.gpx secara otomatis tertutup)4. Paste-kan data, data dari current.gpx yang anda pilih akan segera ter-copy pada file datasaya.gpx.Meng-copy data Garmin Mobile PC ke Garmin Mobile PC di komputer lain:Alternatif 11. Copy file current.gpx di komputer yang ingin diambil datanya.2. Paste-kan file current.gpx di komputer target.Alternatif 21. Copy filea. GARMIN_WPT.NVM yang berisi data Favoritesb. GARMIN_ATRK.NVM yang berisi active trackc. GARMIN_ARTE.NVM yang berisi active routed. GARMIN_TRIP.NVM yang berisi active Trip MeterLokasi file:- Windows XP: C:\Documents and Settings\\Application Data\GARMIN\GarminMobilePC\- Windows Vista: C:\Users\{username}\AppData\Roaming\GARMIN\GarminMobilePC\2. Paste ke komputer lain dengan lokasi folder sama di atas.Tips:Anda dapat melihat file gpx dengan microsoft(r) office excel 2007. Anda juga dapat melihat file lmx (landmark pada nokia maps) menggunakan microsoft(r) office excel 2007 juga.Untuk convert file lmx ke gpx atau sebaliknya:Alternatif 1:- Download gpsbabel di http://www.gpsbabel.org (free), donasi ke GPS babel bila anda menyukai program-nya- Gunakan gpsbabel untuk konversi – let’s go!Alternatif 2:Coba tool di web di bawah ini:http://www.poieditor.com/poi_convert/lmx-to-gpx/Istilah yang mungkin Baru bagi anda:gpx = GPS exchange formatgdb = Garmin GPS database fileslmx = landmark exchange format (nokia maps)my locations di Garmin Mobile XT = favorites di Garmin Mobile PC = landmark di Nokia Maps = Waypoints di MapSource = kadang bisa disebut POI

Bersambung...

Artikel Terkait...

Facebook Comment

120x60